menara62.com 

UAD Luncurkan Empat Wirausaha Mahasiswa

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta meluncurkan empat wirusaha mahasiswa yaitu Dokakido, CV Majuindo, In-Clip, dan Carijamu. Peluncuran dilakukan Wakil Rektor III, Dr. Abdul Fadlil, M.T., di Kampus Utama, Jalan Ring Road Selatan, Senin (7/10/2019).

Menurut Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD, Dr. Dedi Pramono, peluncuran wirausaha mahasiswa ini sebagai langkah nyata untuk mewujudkan kampus entrepreneur. Selama ini, UAD telah mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti mata kuliah kewirausahaan.

“Bimawa terus melakukan pembinaan terhadap mahasiswa untuk berwirausaha. Tujuannya, tidak hanya memenangkan lomba, tetapi mahasiswa benar-benar memiliki usaha dan menguntungkan,” kata Dedi Pramono.

Sedang Abdul Fadlil mengatakan peluncuran ini diharapkan bisa lebih menguatkan bagi usaha yang telah dirintis mahasiswa. Usaha tersebut bisa berkembang, maju dan sukses menghasilkan pendapatan bagi mahasiswa.

Selain itu, lanjut Fadlil, usaha ini bisa menjadi percontohan bagi mahasiswa lain. Ke depan diharapkan bisa tumbuh kelompok-kelompok mahasiswa yang mendirikan usaha. “Saya berpesan agar mahasiswa tidak terlalu asyik dengan wirausahanya, dan lupa kuliah,” tandas Fadlil.

Dokakido merupakan wirausaha mahasiswa yang berupaya untuk membantu petani kakao di Dusun Gumawang, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Wirausaha ini mengolah kakao petani menjadi aneka makanan kecil.

CV Majuindo Engineering merupakan sebuah Start Up rintisan yang bergerak di bidang teknologi robotik dan manufaktur. Wirausaha ini didirikan untuk memecahkan permasalahan saat ini yaitu game online. Wirausaha ini hadir dengan membawa solusi membuat sebuah robot edukasi, trainer praktikum, dan starter kid pembelajaran arduino.

In-Clip merupakan wirausaha untuk memanfaatkan buku, koran bekas, majalah dan penerbitan bekas lainnya untuk diambil artikel yang bermanfaat. Selanjutnya, artikel tersebut dikliping untuk disebarkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sedang carijamu.com merupakan platform edukasi penyedia konsultasi online dan e-commerce yang fokus pada herbal dan jamu Indonesia. Kekayaan jamu yang belum digali secara optimal mengilhami usaha ini.

Adanya carijamu.com ini diharapkan dapat ditemukan artikel kesehatan, serta konsultasi online kesehatan dapat memberikan pengetahuan kepada kaum milenial. Sehingga kaum milenial akan gemar mengonsumsi jamu dan dengan mudah mendapatkanya dari carijamu.com.

Related posts

Leave a Comment