menara62.com 

PCNA Bulakamba Gelar Seminar Kesehatan Reproduksi Wanita

BREBES, MENARA62.COM — Reproduksi sehat bagi wanita bukan hanya di rahim saja, namun juga berpengaruh pada fisik dan psikis juga. Demikian disampaikan salah satu narasumber Nilatul Izah, S.ST. M.Keb., pada Seminar Kesehatan Reproduksi Wanita dalam Perspektif Sains Akademis dan Islam, di Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah.

Orang tua, kata Nilatul, harus memperhatikan perubahan anaknya yang beranjak remaja. Jelaskan pada anak tentang menstruasi bagi perempuan dan mimpi basah bagi laki-lagi.

“Bahaya lain adalah Infeksi Menular Seksual (IMS) yang seringkali menyasar ke ibu rumah tangga akibat ulah suami yang berhubungan dengan wanita lain. Apalagi ternyata wanita tersebut positif HIV AIDS,sehingga menular,” paparnya.

Tanda khas IMS, lanjut Nilatul, keluar cairan dari alat kelamin secara abnormal, sakit atau panas saat buang air kecil, gatal-gatal di sekitar alat kelamin, nyeri di perut bawah atau sekitar alat kelamin atau saat berhubungan badan dan luka di mulut atau alat kelamin dengan pembesaran getah bening.

Ketua Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah (PCNA) Bulakamba, Revvina Agustiani S, S.H., mengatakan, kesehatan reproduksi manusia sangat penting, sehingga wajib diketahui oleh tiap kaum wanita. Hal ini untuk memberikan khazanah ilmu pengetahuan baik sains akademis maupun bidang agama.

“Seminar kesehatan ini merupakan program PCNA Bulakamba. Kami berkomitmen akan menyelenggarakan acara seperti seminar, simposium atau bedah buku dan lainnya. Program yang berjalan, pengajian NA dua pekan skali dan pengajian kaderisasi di SMK Muhammadiyah Bulakamba di akhir bulan,” katanya.

Kegiatan yang diselenggarakan PCNA Bulakamba ini dihadiri ratusan peserta guru perempuan dari TK Aisyiyah Grinting, TK Aisyiyah Kluwut, MI Al Mujahidin Kluwut, SMP Muhammadiyah Kluwut, SMP Muhammadiyah Banjaratma, dan SMK Muhammadiyah Bulakamba. Hadir pula dari PCNA Bulakamba, Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Bulakamba dan Pimpinan Ranting Aisyiyah (PRA) Kluwut

Narasumber pada seminar kesehatan ada empat, di antaranya Nilatul Izah, S.ST. M.Keb., Nora Rahmanindar, S.SiT. M.Keb., Meyliya Qudriani, S.ST. M.Keb, dan Seventins Nurul Hidayah, S.SiT. M.Keb. (Lukmanul Hakim)

Related posts

Leave a Comment