suaramuhammadiyah.id 

Nabi Harun AS

Oleh: Yunahar Ilyas

Nama Nabi Harun ‘alaihi as-salâm disebut dalam Alquran sebanyak 19 kali,  tersebar dalam Surat Al-Baqarah (1 kali), Surat An-Nisa (1 kali), Surat Al-An’am (1 kali), Surat Al-A’raf (2 kali), Surat Yunus (1 kali), Surat Maryam (1 kali), Surat Thaha (4 kali), Surat Al-Anbiya (1 kali), Surat Al-Mu’minun (1 kali), Surat Al-Furqan (1 kali), Surat Asy-Syu’ara (2 kali) Surat Al-Qashash (1 kali), dan Surat Ash-Shaffat (2 kali).Ada satu nama Harun lagi disebutkan pada Surat Maryam ayat 28, tetapi para mufassir berbeda pendapat apakah yang dimaksud Harun saudara Musa atau Harun yang lain yang ada di zaman Maryam ibunya Nabi Isa AS.

Nama Harun pertama kali disebut dalam Mushaf pada Surat Al-Baqarah ayat 248. Allah SWT berfirman:

وَقَالَ لَهُمۡ نَبِيُّهُمۡ إِنَّ ءَايَةَ مُلۡكِهِۦٓ أَن يَأۡتِيَكُمُ ٱلتَّابُوتُ فِيهِ سَكِينَةٞ مِّن رَّبِّكُمۡ وَبَقِيَّةٞ مِّمَّا تَرَكَ ءَالُ مُوسَىٰ وَءَالُ هَٰرُونَ تَحۡمِلُهُ ٱلۡمَلَٰٓئِكَةُۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَأٓيَةٗ لَّكُمۡ إِن كُنتُم مُّؤۡمِنِينَ ٢٤٨

 Dan Nabi mereka mengatakan kepada mereka: “Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun; tabut itu dibawa malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu, jika kamu orang yang beriman.”  (Q.S. Al-Baqarah 2: 248)

Sepeninggal Nabi Musa  dan Harun ‘alaihima as-salam, Bani Israil dipimpin oleh Yusya bin Nun, murid Nabi Musa yang pernah dibawa menjadi pendamping beliau waktu mencari Khidhir di pertemuan dua lautan. Setelah berhasil membawa Bani Israil ke tanah yang dijanjikan, yaitu negeri Palestina, maka mereka memohon diberi seorang raja yang bisa mengalahkan raja Jalut yang perkasa. Yusya’ bin Nun lalu menunjuk Thalut, tapi mereka menolaknya karena dianggap orang biasa saja seperti Bani Israil umumnya , tidak ada keistimewaan apa-apa. Tetapi setelah Thalut menunjukkan tanda kekerajaannya yaitu dapat menghadirkan tabut dan peninggalan keluarga Musa dan Harun yang lainnya, barulah mereka dapat menerimanya.

Umumnya memang penyebutan nama Harun dirangkai dengan nama Musa AS. Kisah hidup dan perjalanan Harun pun berhimpitan dengan kisah Musa, karena memang Harun diangkat oleh Allah SWT menjadi Nabi atas permintaan Musa AS seperti disebutkan dalam firman Allah berikut ini:

وَٱجۡعَل لِّي وَزِيرٗا مِّنۡ أَهۡلِي ٢٩ هَٰرُونَ أَخِي ٣٠  ٱشۡدُدۡ بِهِۦٓ أَزۡرِي ٣١  وَأَشۡرِكۡهُ فِيٓ أَمۡرِي ٣٢

“Dan jadikanlah untukku seorang pembantu dari keluargaku (yaitu) Harun saudaraku. Teguhkanlah dengan dia kekuatanku, dan jadikanlah dia sekutuku dalam urusanku.” (Q. S. Thaha 20: 29-32)

Terakhir kali nama Harun  disebut dalam Mushaf pada Surat Ash-Shaffat ayat 120, dalam rangkaian ayat sejak ayat 114. Lebih baik kita kutip lengkap sejak ayat 114. Allah SWT berfirman:

وَلَقَدۡ مَنَنَّا عَلَىٰ مُوسَىٰ وَهَٰرُونَ ١١٤ وَنَجَّيۡنَٰهُمَا وَقَوۡمَهُمَا مِنَ ٱلۡكَرۡبِ ٱلۡعَظِيمِ ١١٥  وَنَصَرۡنَٰهُمۡ فَكَانُواْ هُمُ ٱلۡغَٰلِبِينَ ١١٦ وَءَاتَيۡنَٰهُمَا ٱلۡكِتَٰبَ ٱلۡمُسۡتَبِينَ ١١٧ وَهَدَيۡنَٰهُمَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلۡمُسۡتَقِيمَ ١١٨  وَتَرَكۡنَا عَلَيۡهِمَا فِي ٱلۡأٓخِرِينَ ١١٩ سَلَٰمٌ عَلَىٰ مُوسَىٰ وَهَٰرُونَ ١٢٠  إِنَّا كَذَٰلِكَ نَجۡزِي ٱلۡمُحۡسِنِينَ ١٢١ إِنَّهُمَا مِنۡ عِبَادِنَا ٱلۡمُؤۡمِنِينَ ١٢٢

Dan sesungguhnya Kami telah melimpahkan nikmat atas Musa dan Harun Dan Kami selamatkan keduanya dan kaumnya dari bencana yang besar. Dan Kami tolong mereka, maka jadilah mereka orang-orang yang menang. Dan Kami berikan kepada keduanya kitab yang sangat jelas. Dan Kami tunjuki keduanya ke jalan yang lurus. Dan Kami abadikan untuk keduanya (pujian yang baik) dikalangan orang-orang yang datang kemudian. (yaitu): “Kesejahteraan dilimpahkan atas Musa dan Harun”

Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya keduanya termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.” (Q. S. Ash-Shaffat 37: 114-122)

Nasab dan Tempat

Karena Harun adalah kakak kandung Musa,

Related posts

Leave a Comment