pwmu.co 

Ketua PP Muhammadiyah Dahlan Rais: Cabang dan Ranting Bisa Tiru Burung Elang

PWMU.CO – Kemandirian ekonomi menjadi satu prinsip yang penting dalam Muhammadiyah berkemajuan. Cabang dan ranting Muhammadiyah harus meresponya dengan baik dan tepat.

Inilah yang disampaikan Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Drs. H A Dahlan Rais, M.Hum., saat penutupan Cabang dan Ranting Muhammadiyah Expo (CRME) 2019 di halaman SMA Muhammadiyah Limbung, Bajeng, Gowa, Sulawesi Selatan, Ahad (1/12/2019).

Dahlan menyampaikan sekarang ada analogi, sila pertama bukan Ketuhanan Yang Maha Esa, tetapi keuangan yang maha kuasa. Maka, indikasinya adalah kemandirian ekonomi harus menjadi syarat utama.

Cabang dan ranting Muhammadiyah, menurutnya, harus menjadikan ini sebagai peluang. Mandiri di segala bidang. Inilah yang menjadi inti dari arti kemerdekaan itu. Cabang dan ranting harus mampu menumbuhkan dan memupuk kemandirian.

Dahlan pun meminta meniru filosofi burung elang. Burung ini terbang sendiri tidak berkelompok. Cari mangsa secara sendiri juga. Cabang dan ranting harus seperti itu, mampu melakukan kemandirian.

“Mulailah dari diri sendiri, tidak boleh ketergantungan. Di sinilah letak konsekuensi dakwah yang berat. Maka, Muhammadiyah harus memerankan diri sebagai lokomotif,” ujarnya.

Muhammadiyah, lanjutnya, harus bisa berkemajuan. Artinya, harus bisa membimbing dan memandu. Dua hal ini untuk bisa menciptakan karakter mandiri, khususnya di bidang ekonomi.

Dalam even ini, cabang dan ranting unggul harus mulai memerankan diri. Dakwah harus, tetapi kemandirian ekonomi juga menjadi keharusan yang wajib dijalankan. (*)

Kontributor Ichwan Arif

Related posts

Leave a Comment