suaramuhammadiyah.id 

IMM Malang Raya Kaji Dakwah Kultural dalam Novel

MALANG, Suara Muhammadiyah-PC IMM Malang Raya mengadakan sesi presentasi hasil riset dengan judul “Dakwah Kultural Muhammadiyah dalam Novel  Tenggelamnnya Kapal Van Der Wijck karya Buya Hamka dan Khotbah di Atas Bukit karya Kuntowijoyo” yang diteliti oleh Shofhal Jamil, Kader IMM UIN Malang. Kegiatan ini berlangsung Sabtu, 11 Januari 2020. Bertempat di Gazebo Literasi, Dau, Malang.

Acara ini merupakan tindak lanjut dari program School of Research (SCORE) yang dimotori oleh bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan (RPK) IMM Malang Raya sejak 2019 lalu.

Menurut Ode Rizki Prabtama, program ini merupakan upaya aktivis muda Muhammadiyah dalam rangka menciptakan budaya riset di tengah aktivisme IMM.

“Kami menyadari bahwa, budaya penelitian di ruang organisasi mahasiswa, termasuk IMM masih sangat kurang. Oleh karena itu kami mengadakan SCORE ini. Sesi presentasi hasil riset ini merupakan tahap ke tiga dari yang sebelumnya ada Kemah Riset selama tiga hari, kemudian penelitian dan penulisan di lapangan selama kurang lebih enam bulan. Seteh ini dipresentasikan, teman-teman peneliti akan mendapat banyak masukan dari audiens dan penulisannya akan disempurnakan hingga ke depan barangkali layak terbit d jurnal ilmiah,” imbuh Kabid RPK tersebut.

Di samping itu, alasan Jamil mengangkat judul penelitian ini adalah untuk mengungkap pesan-pesan dakwah islam dalam dua karya sastra tokoh Muhammadiyah yakni Buya Hamka dan Kuntowijoyo.

Jamil menuturkan, “Penelitian ini menjadi penting karena ingin mengatakan kepada masyarakat bahwa dalam dua novel tersebut ada pesan-pesan dakwah Islam yang harus bisa ditangkap oleh para pembaca terutama anak muda.”

Akhir pekan ini akan ada presentasi hasil riset berikutnya dari salah satu teman Jamil, peserta SCORE. Topik riset yang akan dipresentasikan berikutnya yaitu tentang Upaya Muhammadiyah dan NU dalam hal mengurangi kerusakan lingkungan hidup di Indonesia. (Ode)

Related posts

Leave a Comment