pwmu.co 

Executive Islamic Class, Unggulan Baru SMKM 1 Taman

PWMU.CO-Executive Islamic Class diluncurkan SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo (SMKM 1) sebagai program unggulan baru. Acara berlangsung di aula sekolah, Senin (13/1/2020).

Acara ini bertepatan dengan kehadiran 24 mahasiswa dari Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FAI Umsida) yang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di sekolah ini.

Dalam sambutan pembukaan Kepala SMKM 1 Taman Eko Muji Wibowo mengatakan, sekolahnya terbuka menerima  mahasiswa yang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan.

“Sekolah kami membutuhkan kontribusi dan ide-ide dari tenaga-tenaga muda yang inovatif untuk membantu mengembangkan pendidikan di tempat kami,” terangnya.

Pria yang akrab disapa Pak Eko ini mengungkapkan, kehadiran teman-teman mahasiswa bisa membantu meningkatkan kemampuan bahasa Arab dan ke-Islaman pada murid sekolah ini lewat program ini.

Sementara dari Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Umsida Masruchin menyampaikan terima kasih atas keterbukaan sekolah dalam menerima mahasiswa yang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan.

“Silakan mahasiswa kami diminta kontribusinya dalam mengembangkan pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Taman. Mahasiswa sudah kami bekali beberapa keterampilan salah satunya debat bahasa Arab,” ujarnya.

Masruchin kemudian diminta meresmikan peluncuran program Executive Islamic Class. “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim program Executive Islamic Class saya resmikan,” serunya sambil menekan tombol sirine disambut tepuk tangan meriah dari 24 mahasiswa yang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan.

Melatih Siswa Siap Kerja

Sekolah ini menyiapkan lulusan terbaik dengan memberikan keterampilan bahasa Arab dan berkompetensi kejuruan. Program unggulan ini untuk membekali siswa siap kerja.

Program yang sudah berjalan misalnya, menugaskan siswanya mengerjakan proyek instalasi jaringan Wifi dan CCTV.

Praktik kerja ini untuk membuktikan keahlian siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) sekolah ini.  Permintaan memasang instalasi Wi-Fi dan CCTV itu berasal dari lembaga pendidikan di Sepanjang.

Para siswa menangani mulai dari pembuatan anggaran biaya kerja, pembelanjaan barang, sampai pengerjaan instalasi ditangani langsung oleh siswa  jurusan TKJ kelas 12.

Siswa juga melakukan praktik kerja industri ke perusahaan atau kunjungan industri sesuai dengan bidang kejuruannya. (*)

Penulis M. Anasrul Fahmi

Related posts

Leave a Comment