suaramuhammadiyah.id 

Erfan Dahlan dalam Memori Winai Dahlan

Erfan Dahlan merupakan putra KH Ahmad Dahlan pendiri organisasi Muhammadiyah dari buah pernikahanya dengan Siti Walidah pendiri organisasi perempuan berkemajuan Aisyiyah di Indonesia. Nama kecil Erfan adalah Djumhan.

Djumhan, Winai Dahlan salah satu putra Erfan menceritakan kepada Suara Muhammadiyah di kantornya The Sience Halal Center Thailand baru-baru ini, oleh ayahnya KH Ahmad Dahlan beserta beberapa pemuda Indonesia saat itu dikirim ke Lahore, India, untuk belajar agama. Tepatnya menimba ilmu di sekolah milik Ahmadiyah (Ahmadiyya Anjuman Ishaati Islam Lahore) bernama Ishaat Islam College. “Dia (Erfan) murid yang cerdas, menguasai Sembilan bahasa, dan ia menyelesaikan (lulus) studinya di sana,” kata putranya itu.

Sembilan bahasa yang ia kuasai, yakni bahasa Jawa, Melayu, Urdu, Pustun, Inggris, Belanda, Arab, Thailand, dan Jepang. “Sebab itu ayah mudah bergaul dan memiliki banyak teman dari berbagi etnis,” ucap Winai.

“Bukan karena kemampuannya dalam menguasai berbagi bahasa saja yang menjadikan Erfan banyak teman, tapi dia itu sangat humoris dan lucu. Kami sering bergurau bersama dalam keluarga,” kenang Winai.

Lanjutkan membaca…

Related posts

Leave a Comment