pwmu.co 

Di Market Day, TK Aisyiyah Ini Ajarkan Adab Jual Beli yang Amanah

PWMU.CO – Memasuki hari kedua Kegiatan Tengah Semester (KTS), Selasa (8/10/2019), Aisyiyah Bustanul Athfal alias TK Aisyiyah 40 Pondok Permata Suci (PPS) Gresik menggelar Market Day.

Tampak barisan stan di sepanjang sudut aula sekolah yang menyajikan aneka makanan, minuman, aksesori, dan keperluan siswa lainnya.

Kepala TK Aisyiyah 40 PPS Ayu Mira ST SPd menjelaskan Market Day bertujuan memperkenalkan konsep jual beli yang amanah dan menyenangkan pada anak-anak.

“Banyak anak-anak yang belum mengerti jual beli, maka dengan kegiatan ini berharap mereka bisa mengerti bahwa kalau membeli itu harus membawa uang beneran, tidak boleh memakai uang mainan,” ujarnya.

Sebelum acara dimulai, Umayah SAg SPd, salah satu guru, memimpin membaca basmalah. Dia kemudian menjelaskan tentang tata cara jual beli yang baik, yaitu harus mengucapkan salam terlebih dulu saat hendak membeli. “Sedangkan penjual harus menawarkan barang dagangannya dengan baik dan sopan, serta penuh senyum,” tuturnya.

Secara bergantian siswa kelompok A dan B menuju stan-stan tempat berjualan, salah satunya milik kelas kelompok A4 yang menjual sikat gigi.

“Ayo beli.. beli.. dipilih.. dipilih.. ada suding (susu puding) dan sikat gigi loh.. ayo teman-teman silahkan dibeli,” teriak Galang Alfa Fahrizy dari kelompok A4 menawarkan dagangannya.

“Assalamualaikum.. saya mau beli sikat gigi,” ujar Khayla Aurelia Evelyn dari kelompok A3, yang datang ke stan tersebut.

“Silakan Mbak Khayla, ini harganya Rp 2 ribu,” ujar Retno Wulandari, ibunda Galang. Kemudian Khayla mengeluarkan selembar uang Rp 2 ribu dan diberikan pada Galang.

“Terima kasih,” ujar Galang.

Ayu Mira menambahkan, selain memperkenalkan konsep jual beli, kegiatan Market Day ini juga untuk melatih kemandirian dan rasa percaya diri pada anak. (*)

Kontribuor Haira Tami

Related posts

Leave a Comment